INGIN MEMPUNYAI AYAM BETET YANG BERKUALITAS

Ayam betet tidaklah jauh berbeda dengan ayam kampung. Ayam bali ini memiliki kelebihan yang berbeda dari ayam kampung. Secara fisik ayam ini cukup kecil.
Tapi memiliki kelincahan, sangat aktif serta seringkali menyerang. Ternak ayam betet hampir sama dengan beternak ayam lainnya.
perlu kalian perhatikan jika menginginkan ayam berkualitas baik seperti yang dibawah ini.
A) Memilih bibit ayam yang baik
Jika ingin mencoba memelihara ayam betet, memilih ayam dengan kualitas tinggi. Untuk ternak ayam betet kalian harus memilih bibit ayam yang sehat dan baik. Pertama perlu mengetahui induk ayam betet yang bagus. Sehingga mengetahui kualitas dari indukan tersebut. Salah satu cirinya adalah induk itu memiliki tingkah laku yang aktif mempunyai jengger berwarna merah.
B) Memilih Pejantan yang baik
Pastikan jika memilih ayam pejantan memiliki bulu ayam yang bersih serta mengkilat. Jika ingin memiliki anak dari ayam jago tersebut. Kalian bisa kawin dengan ayam betet betina yang berumur sekitar 6-7 bulan. Usia inilah yang bagus untuk ayam betet betina siap bertelur. Jika ingin memulai ternak ayam betet, diharapkan teliti memilih induknya.
C) Menyiapkan Kandang
kalian harus menyiapkan kandang terlebih dulu. Buat kandang ayam memiliki cara yang khusus agar ayam sering nyerang dan lincah. Pertama membuat kandang lumayan gelap dan mengatur sirkulasi udara dan pencahayaan yang pas. Sehingga ayam betet dapat mendapatkan sinar matahari,
Jangan sampai kandang tersebut lembab. Karena memicu munculnya bakteri menyebabkan ayam  terkena penyakit
D) Perawatan Anak
Ayam betet merupakan ayam petarung. Tapi induk ayam betet biasanya tidak bisa merawat anaknya, jadi pisahkan anak ayam betet bersama induknya. Sehingga anak betet akan mendapatkan perawatan dari kita sendiri. Ayam betet yang masih kecil akan sangat rentan apabila memasuki musim hujan. jadi anak ayam betet sebaiknya diletakan di kandang bersuhu hangat. Jadi anda dapat menambahkan lampu dalam kandang agar anak ayam tidak kedinginan dan bisa makan, minum sesukanya tanpa jadwal. Ini akan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan. Ayam jenis ini harus memiliki kandang besar dan lebar karena ayam ini sangat lincah dan memungkinkan menyerang. Bagian alas kandang biasanya menggunakan kawat atau bambu agar kotoran langsung jatuh ke bawah sehingga kandang tetap bersih.
E) Memperhatikan Kandang
Kandang ayam sebaiknya diberikan tempat pasir untuk mengumbar. Dengan menyediakan tempat untuk umbaran ini akan membuat ayam betet jadi lebih aktif dan segar. Berbeda dengan ayam betet yang jarang gerak akan cenderung tidak sehat. Anda perlu membatasi kandang dengan pagar bisa anda buat dari bambu. Pemberian pagar akan membuat ayam terhindar dari stress.
F) Memberikan Makan yang Bernutrisi
Memberikan makanan yang bernutrisi. Untuk ayam betet dengan ayam kampung biasanya sedikit berbeda. karena mempunyai bentuk paruh yang lebih panjang dari ayam kampung. betet tidak bisa memakan beberapa biji-bijian. Jika ingin ayam betet berkualitas anda bisa memberikan beras merah. Selain memiliki bentuk yang kecil, nutrisi yang terkandung pun jauh lebih banyak. anda juga dapat memberikan makanan BR. Makanan ini sedikit lebih halus dan mudah dicerna ayam betet.
Walaupun anda memilih ayam betet unggulan jika anda merawatnya dengan tidak baik. Apalagi nutrisi tidak anda perhatikan  akan menyebabkan ayam tidak bagus.
G) Memberikan Suplemen
Pemberian suplemen kepada ayam juga dapat berpengaruh terhadap kualitas bertarung. Untuk anda yang jngin memelihara ayam betet anda bisa memberi vitamin khusus ayam. Selain untuk menjaga kesehatan ayam, pemberian vitamin akan membuat ayam semakin aktif dan lincah bahkan jadi lebih jeli dalam menyerang.
Banyak sekali jenis suplemen ayam yang dapat anda pilih agar membuat ayam betet peliharaan anda semakin aktif menyerang. jangan lupa untuk memberikan suplemen khusus ayam supaya kesehatannya tetap terjaga, dan semakin aktif dan  produktif.
H) Memberikan Minuman Pada Ayam
Jika anda sudah perhatikan kandungan nutrisi makanan untuk ayam, berarti selanjutnya anda harus perhatikan minumannya. Pada saat anda ingin budidaya ternak ayam betet, sebaiknya kalian memberikan mereka minuman dari air yang bersih. Air minuman akan sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan ayam betet. Jadi jika anda menginginkan ayam betet yang berkualitas dan sehat anda harus teliti dalam hal memberikan asupan makanan dan minuman.Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau yang tidak berkesan bisa kasi masukan di kolom komentar di bawah karna niat saya saling membagi ilmu terima kasih

Komentar

  1. Daftar Sabung Ayam Online Via Linkaja : Linkaja88
    Kunjungi : https://www.linkaja88.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persahabatan

BIODATA Riskan Hadi Rahman